Rabu, 04 April 2012

IKLIM ORGANISASI


Iklim organisasi adalah serangkaian deskripsi dari karakteristik organisasi yang membedakan sebuah organisasi dengan organisasi lainnya yang mengarah pada persepsi masing-masing anggota dalam memandang organisasi.

a. Konsep iklim organisasi
Menurut Toulson & Smith, 1994:455, iklim organisasi sebagai suatu yang dapat diukur pada lingkungan kerja baik secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh pada karyawan dan pekerjaannya dimana tempat mereka bekerja dengan asumsi akan berpengaruh pada motivasi dan perilaku karyawan.
Menurut Davis dan Newstrom (2001:25), iklim organisasi sebagai kepribadian sebuah organisasi yang membedakan dengan organisasi lainnya yang mengarah pada persepsi masing-masing anggota dalam memandang organisasi.
Unsur-unsur yang membentuk iklim dalam organisasi, yaitu:
a) Kepemimpinan                  
b) Motivasi
c) Komunikasi
d) Interkasi
e) Pengambilan keputusan
f) Penetapan tujuan

b. Isu-isu iklim organisasi dalam lembaga pendidikan
Iklim organisasi merupakan gambaran kolektif yang bersifat umum terhadap suasana kerja organisasi yang membentuk harapan dan perasaan seluruh karyawan sehingga kinerja organisasi meningkat.
Iklim organisasi akan berpengaruh terhadap kinerja dan produktivitas anggota organisasi, iklim dalam lembaga pendidikan dalam hal ini bagaimana seorang kepala sekolah menciptakan iklim kerja yang kondusif guna mendukung proses pembelajaran yang efektif dan efisien. Sehingga, pembentukan iklim kerja yang kondusif disekolah menjadikan seluruh personil melakukan tugas dan peran mereka secara optimal.
Faktor manusia merupakan unsur kunci dari keberlangsungan suatu organisasi dan akan berpengaruh terhadap orang-orang dalam organisasi tersebut. Baik buruknya kinerja kepala sekolah ditentukan oleh sejauhmana prestasi kerja atau kinerja dari masing-masing kepala sekolah yang bertugas di dalam organisasinya.

c. Hubungan iklim organisasi dan efektifitas organisasi
Efektivitas merupakan suatu konsep yang sangat penting karena mampu memberikan gambaran mengenai keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai sasarannya atau dapat dikatakan bahwa efektivitas merupakan tingkat ketercapaian tujuan yang telah dilaksanakan dibandingkan dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya.
Dengan adanya hubungan iklim organisasi dan efektifitas, maka organisasi akan berjalan terarah dengan tujuan yang jelas. Adanya tujuan akan memberikan motivasi untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. Selanjutnya tujuan organisasi mencakup beberapa fungsi diantaranya yaitu memberikan pengarahan dengan cara menggambarkan keadaan yang akan datang yang harus diwujudkan oleh organisasi.

d. Iklim organisasi dan kinerja
Iklim organisasi adalah keadaan di tempat kerja baik fisik maupun non fisik yang mendukung pelaksanaan tugas dalam organisasi dengan indikator kelengkapan sarana kerja, kenyamanan ruang kerja, kejelasan tugas, hubungan yang baik dengan atasan dan rekan kerja, serta sistem penghargaan dan sanksi yang adil. Kinerja adalah untuk kerja yang dapat dicapai oleh seseorang dalam melaksanakan tugas-tugas pekerjaannya sesuai dengan kewenangan dan tanggung jawabnya dalam upaya mencapai tujuan organisasi.
Jadi dapat disimpulkan, pengaruh iklim organisasi terhadap kinerja seluruh karyawan mempunyai  dimensi yang signifikan terhadap kepuasan kerja dengan adanya imbalan, tanggung jawab, standar pelaksanaan pekerjaan dan kepemimpinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar