Selasa, 31 Januari 2012

KONSEP DASAR PERILAKU ORGANISASI

KONSEP DASAR PERILAKU ORGANISASI

A.Definisi Perilaku Organisasi
Perilaku organisasi adalah suatu disiplin ilmuyang mempelajari bagaimana seharusnya perilaku tingkat individu, tingkat kelompok serta dampaknya terhadap kinerja (baik kinerja individu, kinerja kelompok maupun organisasi).
Perilaku organisasi juga dikenal sebagai studi tentang organisasi. Studi ini adalah sebuah bidang telaah akademik khusus yang mempelajari organisasi dengan memanfaatkan metode-metode dari ekonomi, sosiologi, ilmu politik, antropologi, dan psikologi. Disiplin-disiplin lain yang telah terkait dengan studi ini adalah studi tentang Sumber Daya Manusia dan Psikologi Industri dan perilaku organisasi.
B. Dimensi-dimensi Pokok Pembahasan Teori Organisasi
Menurut teori organisasi klasik, rasionalitas, efisiensi dan keuntungan ekonomis adalah merupakan tujuan utama seseorang dalam berorganisasi, teori ini juga mengatakan bahwa manusia atau setiap individu itu berpikir dengan rasional dan memiliki pandangan bahwa produktivitas kerja akan meningkat dan mendapatkan hasil yang baik serta dapat menguntungkan organisasi dengan kata lain organisasi tersebut mengalami perubahan kepada peningkatan kualitas jika upah yang diterima oleh setiap individu atau timbale balik intuk individu itu dinaikkan dan menguntungkan satu sama lain.
Terdapat tiga dimensi pokok dalam pembahasan teori organisasi yaitu:
1) Dimensi teknis (penggerak organisasi)
2) Dimensi konsep (rancangan organisasi)
3) Dimensi manusia (unsure utama dalam organisasi).
Ketiganya adalah faktor utama yang harus dipenuhi dalam berorganisasi. Sedangkan kerangka organisasi adalah pada individu-individu dan kelompok.
C. Kerangka Dasar Konsep Perilaku Organisasi
Kerangka dasar pada perilaku organisasi adalah terletak pada dua komponen yaitu individu-individu yang berperilaku, baik itu perilaku secara individu, perilaku kelompok dan perilaku organisasi.
Dan komponen yang kedua adalah organisasi formal sebagai wadah dari perilaku itu. Yaitu sebagai sarana bagi individu dalam bermasyarakat ditandai dengan keterlibatannya pada suatu organisasi. Dan menjalankan perannya dalam organisasi tersebut.
Referensi:
1. Sisroom.blogspot.com/2006/06/konsep-dasar-perilaku-organisasi/
2. Isbo.blogspot.com/2011/01/perilaku-organiasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar